Contoh Tugas Perjalanan Jakarta Bandung : by Gilang MF

BAB I
PENDAHULUAN
A . Latar Belakang
            Kegiatan ini merupakan program rutin SMP N 1 GARUDA JAYA yang bertujuan untuk menambah wawasan dan menahbah rasa bangga terhadap bangsa yang telah memiliki objek wisata yang membanggakan serta membah pengalaman bagi Siswa – Siswinya. Pada tahun pelajaran 2014 / 2015 ini merupakan tahun yang pertama kegiatan study tour dilaksanakan di dua kota yaitu di Jakarta dan di Bandung. Kota Jakata yang terkenal beramaian dan tempat wisatanya. sedangkan Kota Bandung yang terkenal dengan dunia pendidikannya.
B . Ruang Lingkup
            Ruang lingkup adalah sebagian lokasi wisata di Jakarta dan Bandung seperti, Masjid Istiqlal , Monumen Nasional , Gelanggang Samudra Ancol, Dunia Fantasi , Musium Iptek , Tangkuban Perahu , Kami juga menginap di tempat penginapan Haji Umroh di Bekasi dan membeli oleh oleh di Cibaduyut.
C . Tujuan Penulisan
Tujuan Penulisan Ini Yaitu :
1. Mengetahui tempat wisata di Jakarta dan Bandung.
2. Sebagai tugas dari guru pembimbing.
3. Melatih menyusun laporan dengan sebaik – baiknya.
4. Melatih kekompakan untuk berfikir bersama – sama.

D . Metode Penulisan
Metode dalam pembuatan laporan ini antara lain :
1. Metode Observasi . Pengamatan
Yaitu dengan cara mengamati langsung pada lokasi untuk mencapai informasi yang diperlukan
2. Metode Study Pustaka
Yaitu dengan cara mencari tambahan informasi dari Perpustakaan
3. Metode Study Internet \
Yaitu dengan cara mencari tambahan informasi dari internet agar lebih jelas.

BAB II

HASIL KEGIATAN

A. Latar Belakang Tempat Wisata
1. Majid Istiqlal
Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara yang terletak di Jakarta Pusat.
2. Monument Nasional
Monas merupakan termpat bersejarah di Indonesia yang menjadi mascot bagi Indonesia.
3. Gelanggang Samudra Ancol
Tempat ini terletak di Jakarta Utara lebih tepatnya dikawasan Ancol. Disini surganya pertunjukan layar
4. Dunia Fantasi Ancol
Berbagai wahana ada disini , disinilah tempat kita untuk berfantasi dan tempat menghibur .
5. Museum Iptek
Dimuseum ini terdapat penemuan penemuan unik yang bisa dipelajari dan bisa dimainkan
6. Tangkuban Perahu
Di wisata ini kami dapat melihat pemandangan kawah yang indah dan kami dapat berfoto foto disana .
7. Cibaduyut
Disini kami bisa membeli oleh oleh dan perlengkapan diri sendiri seperti baju,sepatu,jaket dll.

B. Hasil Kegiatan
          Seperti yang sudah yang direncanakan, dihari selasa tepatnya tanggal 04 November 2014, SMP N 1 CILONGOK akan melaksanakan kegiatan study tour. Pada jam 15.00 siswa – siswi sudah berkumpul di sekolah untuk menunggu pengumuman lebih lanjut sambil menunggu bus datang. Sekitar pukul 15.15 Busnya pun datang , Bus yang kami naiki adalah Satria Muda(BGS) . dan akhirnya kami berangkat pukul 15.30. sebelum berangkat kami membaca do’a terlebih dahulu supaya kigiatan study tour berjalan dengan lancar. Kami pun diberi Obat oleh petugas bus yang untuk mengawasi siswa siswi yang mabuk/pusing . Dalam perjalanan kami bercanda gurau sambil mendengarkan lagu dangdut yang mengsikkan dan ada yang mabuk dalam perjalanan .pada jam 18.00 kami berhenti di sebuah SPBU dan kami mengambil air wudhu untuk sholat setelah itu kami makan malam dengan nasi Box yang dibagikan.kami berangkat lagi sekitar jam 19.00.pada saat itu sudah mulai mengantuk akibat makan terlalu banyak makan.sekitar jam 20.00 kami semuanya sudah tertidur lelap semuanya .dan kami dibangun pada pukul 04.00 untuk mandi dan sholat subuh di masjid istiqlal.
a. Masjid istiqlal
         Setelah perjalanan kurang lebih sekitar 10 jam, kami tiba di masjid istiqlal tiba di masjid istiqlal pukul 03.30. Disana kami melakukan kegiatan MCK dan yang utama adalah sholat subuh Berjama’ah . Pada jam 06.00 kami makan nasi box yang sudah dibagikan. Perut sudah terisi kamipun sejenak beristirahat.
ü    Sejarah dan Pengatahuan Umum
      Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di asia tenggara dan terletak di Jakarta Pusat (Ibu Kota RI) yaitu sebelah timur monas. Masjid istiqlal dibangun pada tanggal 24 agustus 1951 yang diperkasai oleh Ir. Soekarno. Yang menjadi arsitek Frederic silaban. Didalam masjid terdiri dari 5 lantai. Diameter Kubah masid sepanjang 45 meter. Masjid Istiqlal dapat menampung 200 ribu jam’ah. selain digunakan sebagai tempat sholat, masjid istiqlal juga digunakan untuk Kantor Majelis Ulama Indoneia (MUI) sebagai tempat kegiatan social. Pada saat Idul Fitri di Masjid Istiqlal sering diadakan pengajian dan penyembelihan hewan kurban pada sasat idhul Adha.
b. Monument Nasinal (Monas)
        Setelah kami makan di Masjid Istiqlal,kami lalu melanjutkan perjalanan ke monas pada pukul 06.54. Didalam perjalanan kami dapat melihat kantor kantor dan gedung gedung bersejarah seperti kantor RRI,dan gedung MK(Makamah Konstitusi) kamipun juga melewati istanah Presiden RI. Sekitar pukul 07.12 kamipun akhirnya tiba dimonas dengan selamat. Di Monas kami di pandu oleh seorang Bapak yang menjelaskan diorama-diorama yang ada di dinding monas. Setelah kami melihat diorama,kami naik keruang kemerdekaan, disana kami melihat pintu gapura, bentuk burung garuda yang terbuat dari emas dan perak. Disana , kami juga terdapat suara Ir.Soekarno terdapat suara yang sedang membaca teks proklamasi.
ü    Sejarah dan Pengetahuan Umum
     Monas dibangun pada tahun 17 Agustus 1961 oleh Presiden Ir. Soekarno. Arsiteknya Bpk Sudarsono. Biaya pembangunan kurang lebih 7 Milyar. Selesai pada tahun 1967. Dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975 oleh gubernur D.K.I Jakarta Bpk Ali Sodikin. Tinggi Monas 132 meter. Tujuan mendirikan monas adalah untuk memperingati dan mengabadika hari kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945. Ciri khasnya ditandai dengan nyala api di pucuk Monas. Nyala api melambangkan semangat pejuangan bangsa Indonesia yang tak kunjung padam. Terbuat dari perunggu yang dilapisi emas murni seberat 50 kg. Irisan yang tegak yang menjulang tinggi dan cawan yang luas mendatar melambangkan Alu dan Lumpang merupakan alat tradisional hampir di semua tempatkan diseluruh Nusantar yang befungsi untuk memnumbuk padi. Monas terletak di Taman Merdekan Jakarta Pusat.

c. Gelanggang Samudra Ancol
      Setelah kami mendapat ilmu di Monas kami melanjutkan perjalan ke Gelanggang Samudra Ancol (GSA). Pada pukul 10.10 kami pun sampai di GSA. Disana kami meliahat pertunjukan singa laut,beruang,dan juga film 4 dimensi.
ü    Pengetahuan Umum
      Sebenarnya di Gelanggang Samudra Ancol ada banyak hal hal yang mengasikan. Disana juga banyak pertunjukan hewan, diantaranya adalah, petunjukan singa laut, pertunjukan beruang, pertunjukan burung beo, dan lain-lain. Disana juga ada pemutaran film 4 dimensi.
d. Dufan (Dunia Fantasi)
        Setelah kami makan nasi box yang dibagikan, kamipun akhirnya pulang dari Ancol dan kami melanjutkan perjalanan sekitar pukul 13.00 dan tiba di dufan pukul 13.30.
        Inilah yang ditunggu tunggu oleh kami, yaitu Dufan. Disinilah kami dapat bermain sepuasnya. Kami bekeliling mencari permainan-permainan yang akan dicoba.
ü    Pengatahuan Umum
        Dunia Fantasy atau juga disebut juga Dufan tempat yang menjadi wisata bagi wisatawan domestic maupun wisatawan asing. Disana terdapat banyak sekali permainan yang mengasikkan dan memicu adrealin, permainan itu antara lain :
1. Hysteria
11. Arum Jeram
12. Bom-Bom Car dll.

e. Museum Puspa Iptek
           Setelah kami pulang dari Dufan kami makan malam di Pantai Teluk sekitar pukul 17.40 dan kami pulang ke penginapan Asrama Haji di Bekasi sekitar pukul 18.30. Ketika kami menuju kepenginapan kami menipan kami melewati Universitas Mpu Tantular. Tiba dipenginapan pukul jam 20.11. Disana kami mandi dan makan cemilan seletah itu kami tidur. Kesokan harinya setelah kami sarapan pagi kami sekitar pukul 07.03 kami berangkat ke Museum Puspa Iptek Sun Dial. Sun artinya Matahari dan Dial artinya Jam. Sampai di Museum pukul 08.52.
ü     Pengetauan Umum
           Disana kami dapat melihat bebagai penemuan dari berbagai penjuru dunia dan kami juga dapat memainkan pernemuan tersebut. PP Iptek adalah museum yang berisi alat-alat teknologi ,contohnya sepeda gantung,baskom air mancur,bangosong,dan lain lain.

f. Tangkuban Perahu
      Pulang dari Iptek sekaligus ke tangkuban perahu sekitar pukul 10.02. Kami berhenti perjalanan untuk makan sekitar pukul 12.00.Melanjutkan perjalanan ke tangkuban perahu sekitar pukul 12.37. tiba di tangkuban perahu sekitar pukul 13.09. Dan pulang dari tangkuban perahu untuk melanjutkan perjalanan ke cibaduyut sekitar pukul 14.47.
ü    Pengetahuan Umum
        Di Tangkuban Perahu kami dapat melihat pemandangan kawah yang bagus, disana kami juga dapat berfoto-foto dan dapat berjalan jalan di pasar Tangkuban Perahu.

g. Cibaduyut
     Setelah kami ke tangkuban perahu dan melanjutkan perjalanan ke cibaduyut pada pukul 14.47. Pada saat dijalan menuju Cibaduyut kami tersesat. Tiba di Cibaduyut pada pukul 17.30.
ü    Pengetahuan Umum
      Di Cibaduyut kami dapat berbelanja. Barang di Cibaduyut barang yang dijual produk indonesia dan murah harganya, walaupun harganya murah tapi barangnya berkualitas.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan Dan Saran
1. Kegiatan Study Tour Iini dapat memperkenalkan siswa SMP N 1 GARUDA JAYA tentang objek wisata di kota-kota besar.
2. Kegiatan Study Tour ini dapat menambah wawasan tentang keadaan kota besar dan juga dapat menambah ilmu tentang sejarah dan astronomi.
3. Sebaiknya Study Tour yang akan datang dapat lebih tertib dan menambah tempat wisata yang telah berpengatahuan dan dapat menambah wawasan lebih luas dari tahun ke tahun.
4. Sebaiknya tahun depan penginapannya lebih baik lagi karena walaupun kamarnya ada ACnya tapi banyak nyamuknya.
5. Sebaiknya pengendara atau petugas busnya ada yang tahu jalan ke wisata dan tidak sampai seperti tahun kemaren bus 5 tersesat saat perjalan ke cibaduyut.